Pameran IFBC Yogyakarta 2025 Menjadi Peluang Usaha Utama Investor
YOGYAKARTA, STARTFRANCHISE - Pameran IFBC Yogyakarta 2025 Menjadi Peluang Usaha Utama Investor Yogyakarta. Pameran IFBC kembali menjadi magnet bagi para pelaku bisnis dan calon wirausahawan seiring digelarnya pameran bisnis nasional Info Franchise & Business Concept (IFBC) 2025 pada 30 Mei – 1 Juni 2025 di Jogja Expo Center (JEC).
Pameran yang menjadi pelaksanaan ke-171 dalam rangkaian roadshow nasional ini merupakan hasil kolaborasi antara Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) dan Neo Expo Promosindo. Pameran juga diresmikan oleh sejumlah tokoh penting, seperti Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, Ketua Umum KADIN DIY GKR Mangkubumi, dan Ketua Kehormatan AFI Anang Sukandar.
Mengangkat tema “Energizing Entrepreneurship”, rangkaian IFBC 2025 Yogyakarta telah resmi dibuka oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia Dr. Budi Santoso, M.Si., melalui kegiatan Studium General bertajuk “Young Entrepreneurs Leadership” yang digelar di Universitas Gadjah Mada (UGM), Jumat (23/5/2025). Kegiatan ini menjadi penanda bahwa semangat dan energi kewirausahaan perlu ditanamkan sejak dini, terutama di lingkungan akademisi sebagai ladang subur lahirnya pemimpin bisnis masa depan. Pameran IFBC Yogyakarta 2025 Menjadi Peluang Usaha Utama Investor Pameran ini juga akan dibuka secara resmi oleh jajaran tokoh nasional dan daerah, seperti Menteri Perdagangan RI Dr. Budi Santoso, M.Si., Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Bupati Bantul Abdul Halim Muslih, GKR Mangkubumi selaku Ketua Umum KADIN DIY, serta Ketua Kehormatan AFI Drs. Anang Sukandar, CFE.
Bank Rakyat Indonesia (BRI) hadir sebagai official banking partner melalui program Qlola by BRI dan BRImo. IFBC juga bermitra dengan berbagai lembaga pemerintah dan komunitas, termasuk Kementerian Perdagangan, DJKI, Pemkot Yogyakarta, Dinas Pariwisata DIY, TDA Yogyakarta, JCI Yogyakarta, Rumah BUMN, hingga HIPMI DIY.Pameran IFBC Yogyakarta 2025 Menjadi Peluang Usaha Utama Investor Jumlah Wirausaha di Indonesia: Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) per Februari 2024, terdapat sekitar 56,56 juta orang yang berwirausaha di Indonesia, yang setara dengan 37,86% dari total angkatan kerja nasional.
Pada segmentasi minuman kekinian mulai dari konsep cafe, minuman segar, hingga warkop kekinian hadir menawarkan peluang usaha seperti
Mo Juice
Es Teler Kapten
Warkop Agam Medan
Minum Es Indonesia
Misnow
Holly Tea
Kopi dari Hati
Tentang Kopi
Tempat Bercakap
Teman Nongkrong
Teman Ice Cream & Tea,Teman Minum
Cinta Sejatea
Kopi Sewindu
Luisant Coffee
Seger Bener
Sekian Kopi
Tauke Kopitiam
King’s Cafe Pool
Smartfolks Coffee
Teh 2tang atau Tjatoet
Natsu Japanese Ice Cream & Coffee.
Tak kalah menarik turut serta peluang usaha kuliner dengan cita rasa otentik seperti
Ayam Gepuk Pak Gembus
Balkan Shawarma
Pide Turkish Pizza
Istanbul Kebab
Lidah Mertua Indonesia
Bakso Kampungqu
Albait Chicken
Al Mazzeh
Kanemura Japanese Food
Kaneramen
Bakmie Woy
Boome Burger
O-sreng, Kebab Turki Babarafi
Container Kebab
Kebab N Me
Burger Bangor
Wastern Meat & Steak
Tentang Pasta
Minang Sepakat
Sambal Bakar Foodbank
You Need Me
Selera Bahari
Pagaruyuang
Selera Sambal
You Love Mee
Just Do Eat
Gultik Blok M
Kharisma Bahari
Subsidi Bahari
Warteg Putri Bahari
Bebek Sambal Nusantara
Bebek Cabe Rawit
Makan Dulu
Karunia Warteg Bahari
Warteg Sinar Bahari
Warteg Iklas Bahari
Hadir pula peluang usaha jajanan kekinian seperti soft cookies antara lain
Floofy Coin
Yummy Coin
Lucky Cheese
Tahu Go!
Roti Rakyat
Oppa Kimbab
Tako Tako
Miedes Mbak Catur
Loempia Bom
Para pengunjung yang ingin memiliki bisnis kecantikan, perawatan, dan kesehatan dapat mengunjungi stand
Mash Moshem Indonesia
Curves
Skinpedia
Barberpedia
The Ajudan
Fukuo Japanese
Klinik Kecantikan
Luvenza
Luisant
Supergoat
Apotek Farmakita
yang juga hadir memberikan referensi bisnis terkini.
Pada segmentasi otomotif pameran IFBC 2025 Yogyakarta juga menghadirkan referensi usaha mulai dari perawatan coating hingga layanan cuci kendaraan, dengan partisipasi brand antara lain Vivo Carwash, Scudetto, Otopia, dan Rocket Carwash. Pendukung bisnis lain juga hadir memberikan penawaran spesial seperti seperti Te.Co, Pos Properti, dan Makana Group. Dari jumlah tersebut, mayoritas merupakan wirausaha pemula sebanyak 51,55 juta orang (34,51% dari total angkatan kerja), sementara wirausaha mapan mencapai 5,01 juta orang (3,35% dari total angkatan kerja).
Rasio Kewirausahaan Nasional: Kementerian Koperasi dan UKM mengumumkan bahwa rasio kewirausahaan di Indonesia telah meningkat menjadi 3,35% dari total penduduk. Layanan pedukung lainnya yang juga turut hadir official banking partner yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang menawarkan solusi finansial melalui program Qlola by BRI dan BRImo.Pameran IFBC Yogyakarta 2025 Menjadi Peluang Usaha Utama Investor #StartFranchise