Pameran Franchise, Bukan Sekadar Expo untuk Jualan Franchise #StartFranchise

StartFranchise.id - Dalam dunia bisnis franchise, ada banyak sekali cara untuk mendapatkan informasi tentang franchise apa yang terbuka untuk para calon franchisee bisa ikuti dan bergabung bersama. Baik dari mulut ke mulut, iklan di sosial media, ataupun media partner franchise menjadi cara-cara franchise untuk menyebarkan informasi tentang franchise terkini. Tetapi, ada juga cara yang paling memorable dan bisa mempertemukan para franchisor dan franchisee di satu tempat, yaitu pameran franchise. Pameran franchise bukan hanya sebagai ajang promosi masing-masing franchise, tetapi ada hal-hal menguntungkan lain seperti membangun koneksi, berbagi informasi dan juga mencari peluang baik untuk para franchisee maupun franchisor.

Apa Itu Pameran Franchise?

Pameran franchise adalah sebuah event atau expo yang mempertemukan berbagai brand franchise maupun kemitraan dengan calon investor atau franchisee. Pameran franchise tidak menutup kesempatan hanya untuk brand-brand F&B, yang dimana banyak orang biasanya memikirkan hanya F&B yang membuka franchise. Acara ini juga menampilkan banyak brand dari sektor retail, jasa, hingga pendidikan. Hal ini membuka lebar untuk para calon franchisee dapat memilih franchise mana yang mereka inginkan sesuai dengan bidang yang mereka minati.

Pada pameran franchise, franchisor bisa menampilkan produk unggulannya, paket kemitraan, hingga strategi pengembangan bisnis yang mereka tawarkan. Sementara itu, calon franchisee bisa langsung mencari informasi detail, membandingkan peluang, hingga berdiskusi secara langsung dengan franchisor dari brand yang mereka minati, membuat peluang yang sangat besar untuk menambah koneksi.

Contoh-Contoh Pameran Franchise

Di Indonesia, sudah banyak pameran franchise berskala nasional maupun internasional yang rutin digelar setiap tahun yang menjadi favorit bagi para franchisor dan franchisee. Beberapa di antaranya:

  • IFRA (International Franchise, License & Business Concept Expo & Conference)

  • FLEI (Franchise & License Expo Indonesia)

  • IFBC (Info Franchise & Business Concept Expo)

  • Regional Expo Franchise

Seluruh pemain-pemain besar dari franchise di Indonesia sudah sering mengikuti pameran-pameran franchise ini dan menjadi tempat para calon franchisee untuk bertanya-tanya kepada mereka.

Keuntungan Pameran Franchise untuk Franchisor

Pameran franchise membawa keuntungan yang banyak bagi kedua pihak. Bagi franchisor, pameran franchise adalah kesempatan emas untuk:

  • Meningkatkan brand awareness karena bisnisnya dikenal lebih luas oleh calon mitra.

  • Menarik investor baru yang serius mencari peluang franchise karena terdapat tiket masuk untuk memfilter calon pelaku bisnis yang serius atau tidak.

  • Memperluas jaringan dengan franchisor lain yang memungkinan untuk bisa menjadi partner strategis maupun berkolaborasi bersama.

  • Mendapatkan feedback langsung dari calon franchisee maupun konsumen yang hadir agar bisa mengembangkan bisnisnya menjadi lebih baik.

Dengan begitu, keikutsertaan dalam pameran franchise bisa menjadi strategi marketing yang efektif sekaligus sarana pengembangan bisnis secara langsung di tempat yang sama.

Keuntungan Pameran Franchise untuk Franchisee

Dengan berkumpulnya berbagai peluang franchise atau kemitraan yang terbuka, calon franchisee yang hadir di pameran franchise juga akan menerima banyak keuntungan, antara lain:

  • Akses langsung ke banyak brand dalam satu event, sehingga lebih mudah membandingkan peluang usaha yang tersedia tanpa perlu menghabiskan banyak waktu.

  • Kesempatan untuk Diskusi langsung dengan franchisor untuk memahami model bisnis, dukungan yang ditawarkan, hingga prospek keuntungan yang dijanjikan bisa tergolong masuk akal atau tidak.

  • Mendapatkan gambaran langsung tren bisnis terbaru, sehingga bisa memilih peluang franchise yang paling relevan dengan kebutuhan pasar secara barang atau jasa yang dijual.

  • Kesempatan promo khusus karena sering kali franchisor memberikan penawaran menarik hanya di pameran franchise.

Dengan kata lain, pameran franchise adalah tempat terbaik bagi para franchisee untuk mencari informasi sekaligus memastikan pilihan bisnis yang tepat dan sesuai dengan minat mereka.

Mengikuti pameran franchise bukan sekadar datang ke expo untuk transaksi jual beli yang linear. Bagi franchisor, pameran ini adalah tempat untuk unjuk gigi branding dan akuisisi mitra baru untuk ekspansi bisnis mereka. Bagi franchisee, pameran franchise adalah kesempatan untuk membuka pintu menuju memiliki bisnis yang menjadi impian dengan informasi yang lengkap dan terpercaya. 

Pameran franchise memiliki peranan yang besar dalam membantu franchisee dan franchisor dan menjadi strategi awal untuk menuju bisnis idaman yang mereka impikan. Untuk informasi tentang franchise maupun tips-tips tentang memulai franchise, langsung cek artikel-artikel di website Start Franchise dan konten-konten di Instagram dan Tiktok Start Franchise. Untuk para franchisee maupun franchisor yang siap ekspansi dan ingin tanya-tanya seputar franchise secara langsung, hubungi tim Start Franchise di Whatsapp resmi untuk informasi yang lengkap!

Previous
Previous

How to Establish a Franchise in Indonesia #StartFranchise

Next
Next

Peluang Usaha Soto, Makanan Segar Membawa Profit untuk Pengusaha #StartFranchise